Sebagian besar orang yang ada pada era yang modern sekarang ini, berbagai aktivitas sehari-hari memang susah untuk lepas dari yang namanya gadget, dari yang namanya smartphone. Bukan sebuah kesalahan yang berarti memang kalau berbagai kebutuhan diselesaikan dengan hanya mengoperasikan sebuah smartphone. Yang salah adalah kurang tepatnya penggunaan smartphone yang berujung pada usia smartphone lebih pendek alias cepat rusak. Apalagi dalam hal baterainya. Baterai smartphone adalah bagian dari smartphone yang lumayan rawan mengalami kerusakan jika pengguna smartphone tidak dapat melakukan perawatan secara berkala dengan benar. Masih banyak kebiasan-kebiasaan salah yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone yang dapat membuat baterai smartphone lebih cepat mengalami gangguan. Beberapa kebiasaan tersebut antara lainnya adalah berikut ini :

1. Menggunakan Smartphone Ketika Sedang Dicharge
Ini adalah kebiasan yang masih sangat banyak dilakukan oleh pengguna smartphone. Banyak pengguna beralasan karena keperluan penggunaan smartphone yang banyak dan tak bisa dihentikan sehingga saat smartphone dicharge pun tetap dioperasikan. Padahal kondisi yang demikian ini membuat pengisian daya baterai smartphone menjadi kurang maksimal lantaran ketika smartphone dioperasikan, otomatis akan memakan daya baterai dan sementara daya sedang dialirkan masuk.

2.Mencharge Smartphone Terlalu Lama
Ini juga kebiasaan buruk yang masih sering dilakukan oleh pengguna smartphone dan dapat berakibat pada baterai smartphone yang lebih cepat mengalami gangguan. Mencharge smartphone terlalu lama seperti saat hendak tidur dan kemudian membiarkannya sementara ditinggal tidur, hal ini akan memicu pengisian daya pada baterai smartphone secara berlebihan. Kalau sudah begitu akan ada resiko baterai mengalamui kebocoran. Lakukan pengisian ulang baterai pada waktu yang tepat, yakni sebelum daya di angka 10% dan melepas langsung charger saat sudah 100%.

3. Terus menggunakan smartphone padahal kondisi suhu smartphone sedang panas. Smartphone yang terus-terusan dioperasikan pastinya akan panas dan kalau sudah begitu akan berdampak mempercepat kerusakan pada baterai smartphon. Udara yang padas pada area smartphone dappat saja membuat peningkatan suhu pada mesin serta baterai yang menjadikannya pun lebih cepat mengalami gangguan. Oleh sebab itulah jangan biasakan untuk menggunakan smartphone secara terus-menerus, apalagi meneruskan untuk memakai ketika kondisi smartphone sudah panas. Hindari kebiasaan tersebut jika memang ingin smartphone lebih awet. Semoga bermanfaat.