Jenis dan Fungsi Kato Crane Parts

Kato merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi alat-alat berat beserta spare partsnya yang banyak digunakan dalam industri pembangunan. Perusahaan ini sudah banyak sekali memproduksi Kato Crane Parts yang memiliki jenis cukup banyak serta fungsi yang tidak sedikit. Kato Crane parts sangat diperlukan dan harus di maintain secara baik sehingga crane bisa digunakan dengan baik. Kato Crane adalah alat berat yang digunakan untuk membantu pekerjaan pada suatu proyek yang cukup besar. Crane banyak digunakan untuk mengangkat beban yang sangat berat. Alat berat yang satu ini memiliki komponen yang sangat banyak mulai dari bearing, seal, air breather, dan sebagainya yang memiliki fungsi masing-masing. Nah, berikut ini adalah penjelasan beberapa jenis spare parts yang digunakan pada crane.

Fungsi Kato Crane Parts

– Bearing
Bearing atau bantalan merupakan salah satu Kato Crane Parts yang cukup penting. Tak sedikit perusahaan yang memproduksi bantalan atau bearing. Mengingat perannya yang cukup penting yaitu untuk mengurangi gesekan, bearing harus selalu diperhatikan perawatannya. Terlebih lagi, bagian ini digunakan pada alat berat. Adanya maintain yang sering, akan membuat crane dapat digunakan dengan baik. Selain itu, dengan adanya maintain yang sering juga akan membuat crane digunakan lebih aman dan nyaman. Terdapat banyak sekali jenis-jenis bearing yang terdapat pada crane. Mulai dari Slewing, roller, needle, dan berbagai macam bearing lainnya dengan fungsi yang berbeda-beda. Bearing biasanya berbentuk bulat dengan diameter yang berbeda-beda.

Fungsi bearing sangat penting yaitu untuk meminimalkan adanya gesekan pada mesin saat pengangkatan beban. Adanya gesekan pada mesin dapat menimbulkan suatu panas yang bisa menghambat kerja dari crane. Adanya gesekan pada mesin yang terlalu sering dapat menyebabkan mesin menjadi aus dan mesin sulit digunakan bahkan bisa menjadi salah satu penyebab mesin crane tidak bisa digunakan sama sekali. Selain untuk mengurangi gesekan, bearing juga berfungsi untuk menahan beban pada mesin baik radial load maupun thrust load.

– Kaliper Disc Brake
Selain bearing, Kato Crane Parts juga ada kaliper disc brake atau kaliper rem. Bagian ini berfungsi untuk mencengkeram disc dengan bentuk yang berupa piringan cakram. Kaliper banyak digunakan pada berbagai macam mesin motor termasuk juga mesin crane. Kaliper piston hidrolik ini berfungsi untuk menjepit cakram sehingga roda bisa berhenti. Pada mesin crane, kaliper ini juga berfungsi sebagai pendingin. Pendingin menggunakan kaliper sangat berfungsi dengan baik bahkan dapat dikatakan sangat efektif. Dalam suatu mesin motor diperlukan adanya pendingin yang mana digunakan untuk mencegah adanya gesekan yang bisa menimbulkan panas. Semakin sering adanya gesekan, membuat mesin menjadi mudah panas dan menyebabkan mesin menjadi aus sehingga sulit untuk digunakan. Kato crane parts yang satu ini memiliki fungsi yang cukup penting agar crane bisa digunakan dengan baik.